Selasa, 01 Mei 2012

Organisasi Pertandingan, Sistem "Gugur Ganda"


Pengertian Sistem gugur
Sistem gugur ialah tatacara pelaksanaan pertandingan yang menetapkan bahwa peserta yang telah kalah pada babak pendahuluan atau babak sebelumnya tidak berhak mengikuti pertandingan mengikuti pertandingan tahap selanjutnya.
 Sebagai contoh, sebuah regu atau Seorang pemain yang telah kalah dalam babak penyisihan tidak bisa bertanding pada babak selanjutnya. Hasil akhir yang diperoleh ialah peraih gelar juara, pertama dan, kedua ditentukan dalam babak akhir. Bahkan juga ditetapkan juara ketiga dan keempat sesuai dengan kebutuhan.

sistem gugur ganda
Sistem gugur ganda adalah usaha untuk mengurangi kelemahan dari sistem gugur tunggal, dengan ketentuan peserta yang sudah mengalami kekalahan dua kali dianggap gugur serta tidak boleh melanjutkan pertandingan pada babak berikutnya. gugur ganda  peserta yang telah kalah satu kali masih memiliki kesempatan  bertanding kembali sampai dengan gugur dua kali .
Sistem ini juga dinamakan sistem Amerika, yaitu peserta yang menang akan bergeser ke arah kanan dan yang kalah bergeser ke kiri. Peserta yang menang akan bertanding lagi dengan yang menang dan yang kalah akan bertanding dengan yang kalah. Jika peserta telah mengalami 2 kali kalah maka dianggap gugur. Penentuan juara biasanya dilakukan dengan perjanjian, apakah pemenang dari kelompok yang menang akan bertanding lagi dengan pemenang dari kelompok kalah atau pemenang dari kelompok yang menang langsung menjadi juara.
Untuk menetapkan suatu pertandingan menggunakan sistem gugur tunggal ataukah sistem gugur ganda, harus didasarkan pada waktu   dan dana pendukungnya. Untuk melaksanakan sistem gugur ganda perbedaannya hanya pada bentuk bagan atau skemanya, namun dalam hal menempatkan peserta tidak ada bedanya, dengan seeded atau dengan undian, serta pada angka mana, sama saja.
Sistem gugur ganda dengan babak kesempatan kembali merupakan sistem gugur ganda yang memberi kesempatan kembali kepada juara kelompok kalah agar dapat bertanding kembali dengan juara kelompok menang ketentuan sistem gugur ganda ini adalah Kalah dua kali dikatakan “gugur”
Skema atau bagan hampir sama dengan sistem gugur tunggal, perbedaanya pada skema atau bagan pertandingan tersebut bahwa peserta yang menjadi juara pada kelompok kalah, bertanding kembali melawan juara kelompok pemenang (kesempatan kembali). Selanjutnya, bila juara kelompok kalah pada waktu bertanding kembali mengalami kekalahan, maka pertandingan tersebut selesai karena sudah dua kali mengalami kekalahan. Akan tetapi, sebaliknya bila juara kelompok pemenang tersebut kalah, maka yang terjadi adalah juara kelompok pemenang baru satu kali kalah, jadi harus diulang sampai salah satu kalah.
Sistem gugur dengan babak kesempatan kembali ini diterapkan oleh beberapa cabang olahraga, tetapi ada perbedaan antara satu cabang olahraga dan lainnya.Sistem ini banyak digunakan oleh cabang beladiri, antara lain cabang-cabang berikut. Judo kepada pemain yang pernah dikalahkan oleh finalis diberi kesempatan untuk bertanding diantara mereka. Anggar dari jumlah 16 peserta, mendapatkan 4 orang pemenang dari kelompok pemenang sebagai finalis, sedangkan untuk kelompok kalah diambil 4 orang sebagai finalis pula. Kedelapan finalis tersebut dipertandingkan ulang dengan menempatkan pemain pada bagan atau skema pertandingan atas dasar nilai yang diperoleh selama mereka bertanding. Kemungkinan, peserta yang pernah berhadapan akan berhadapan kembali. Namun yang jelas, peserta yang paling tinggi nilainya akan berhadapan dengan peserta yang paling rendah nilainya, peserta dengan nilai terendah kedua akan berhadapan dengan peserta nilai tertinggi kedua, dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar